Sabtu, 26 Maret 2016

Dzikir Tahfizd


Ada cara mudah ngafal Al Quran. Yakni, baca aja. Ga usah dihafal. Tapi baca banyak. Ngulang banyak. Sampe hafal dengan sendirinya.

Untuk yang seneng langsung ngafal, atau ngafal mudah, dalam bentuk ngulang sekali dua kali, atau 5-10 kali, langsung hafal, baiknya jangan terlalu percaya dengan hafalan seperti itu. Ga kuat. Tar lupa. Pondasi untuk ngafal ke ayat berikutnya, ga kuat.

Untuk yang ga bisa baca, bisa minta dibacain (untuk yang buta, juga ya begini caranya. Dibacain. Denger dan diperdengarkan berulang-ulang).

Ok… Coba jajal nih… Ngafal surah Ash-Shooffaat (37)

Disiapin dirinya. Mental dan lain-lain nya. Dan offin dulu HP. Tutup pintu. Supaya jangan ada yang ganggu dulu. Siapin Quran dan tasbihnya. Tasbih untuk ngitung.

Caranya ikutin cara berikut ini:

Buka Surah Ash-Shooffaat… Lembar I. Akan terlihat, 24 ayat di lembar pertama. Bagi 6 kelompok, @4 ayat.

Kelompok 1: ayat 1 sampai dengan 4
Kelompok 2: ayat 5 sampai dengan 8
Kelompok 3: ayat 9 sampai dengan 12
Kelompok 4: ayat 13 sampai dengan 16
Kelompok 5: ayat 17 sampai dengan 20
Kelompok 6: ayat 21 sampai dengan 24

Baca tiap-tiap kelompok ayat itu, 40 kali.

Hanya, di setiap selesai gabungan 2 kelompok itu, baca gabungan 2 kelompok itu, 40 kali. Kelompok 1 dan 2, 40 kali. Kelompok 3 dan 4, 40 kali. Kelompok 5 dan 6, 40 kali.

Sampe sini, maka tiap-tiap ayat jadi udah dibaca 80 kali. Yakni 40 kali per kelompok, dan 40 kali gabungan 2 kelompok.

Lalu lanjut baca 1 halaman penuh, 40 kali lagi. Yakni Kelompok 1 sampai dengan 6 (ayat 1 sampai dengan 24, atau 1 halaman).

Dengan demikian, total semuanya, per ayat atau per baris masing-masing, kita bacanya mencapai 120 kali.

Bacanya kayak zikir. Kayak baca “subhaanallaah subhaanallaah subhaanallaah“. Segitu aja iramanya.

Sepanjang baca, jangan tungak tengok. liat Quran aja. Dan gunakan jari untuk ikut menunjuk ayat yang sedang dibaca. Telunjuk harus nempel di atas mushaf, ngikutin potongan ayat yang dibacanya. Jangan hanya tuh bacaan, tuh mushaf, diikutin dengan gerakan mata saja. Ikuti dengan gerakan telunjuk ya.

Dan mohon bersuara. Jangan baca dalam hati. Ga bakal jalan kalo dalam hati. Harus bersuara. Tapi jangan terlampau keras, menghindari keletihan.

Dan boleh baca sambil pegang Quran dan berdiri sambil jalan di tempat. Sekalian olahraga, dan ga ngantuk, he he he. Kalo sambil jalan, ya telunjuknya ga usah digunakan. Pake gerakan mata saja. Kalo duduk, baiknya juga pake lekar untuk tempat Qurannya. Satu tangan untuk nunjuk. Satu tangan untuk megang tasbih.

Setiap interval ayat, 40 kali, dimaksudkan untuk penanda dan istirahat saja.

Jangan lupa, berdoa ya di awal. Plus shalawat dan istighfar dulu. Masing-masing 100 kali.

Setiap potongan ayat, pengulangannya ga boleh beda-beda. Dari awal sampai dengan akhir, harus sama.

Syukur-syukur berdua jajalnya dengan istri. Ayah ibu dengan anak-anaknya. Kakak dengan adiknya. Atau kawan sekosan dengan sekosan yang lain.

Intinya, ngajak kawan. Supaya bisa berkompetisi. Dan di akhir nanti, saling jajal hafalan dengan cara “hanya baca” ini.

Jika kawan-kawan punya rumah tahfidz, jajal di rumah tahfidznya ya. Atau bila punya pengajian, jajal bersama murid-muridnya atau jamaahnya.

Setelah selesai 120 kali, masing-masing saling berhadapan. Dan saling baca membacakan. Jika didapati ada yang belom bisa, ulangi lagi 40 kali. Hingga jumlahnya mencapai 160 kali.

Siapin mental dan waktu ya …

Saya menamakan cara ngafal ini: Dzikir Tahfidz. Cara Mudah Ngafal Quran. Ga usah ngafal. Cukup dibaca aja. Tapi baca banyak. Ngulang banyak. Denger banyak. Dan dengan cara ini, hafalan insyaaAllah ga gampang lupa. Top dah. Kuat.

Ukuran hafalan bagus, 400 kali pengulangan. InsyaaAllah dengan pengulangan-pengulangan sambil berjalan nanti, akan sampe pengulangan 400 kali.

Oh ya, bacanya jangan terlalu tartil. Baca cepet aja. Seperti yang saya bilang, baca Qurannya kayak baca zikir. Yah, kayak baca zikir habis shalat gitu… Tapi tetep dinikmati.

Yang sudah seneng zikir, cara ini akan semakin mudah. Sebab emang bener-bener zikir. Apalagi salah satu zikir terbaik kan adalah Membaca Al Quran.

Saya doakan semua mau, sempat, dan mampu menjajal Zikir Tahfidz ini, hingga menemukan dirinya sudah hafal 1 halaman.

Baca lagi pelan-pelan, dan praktekin ya…

Salam,

@Yusuf_Mansur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar